Menentukan tema penelitian pengembangan dengan menggunakan srategi lesson study merupakan salah satu langkah penting agar kegiatan lebih fokus pada kepentingan peningkatan mutu guru. Komponen mutu dipilih sesuai dengan yang guru perlukan. Tema hedaknya disesuaikan dengan pemikiran mengenai keterampilan yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.
Sebaik-bainya strategi mengajar adalah yang membuat siswa tahu cara belajar, memahami apa yang harus mereka pelajari, dan terampil mewujudkan karya yang memenuhi kriteria pada tujuan. Jadi dalam sistem pendidikan mutahir pengajaran menyangkut tiga aspek pengengan yaitu menguasai apa, caranya bagaimana, dan karya nyata yang berguna dalam kehidupan.
Hal dasar yang perlu menjadi pemikiran ialah perbaikan belajar dengan standar seperti yang bagaimana yang sesungguhnya hendak Anda penuhi?
Silakan tentukan indikator proses belajar yang Anda harapkan.
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
Selanjutnya tentukan pula standar kompetensi lulusan yang Anda harapkan dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Misalnya lulusan memiliki keterampilan dasar seperti; (1) berkomunikasi secara lisan dan tertulis (2) merumuskan pertanyaan dan jawaban (3) berpikir kritis dan memecahkan masalah (4) menguasai keterampilan profesional dan etos kerja (5) bekerja dalam tim dan berkolaborasi (6) menerapkan teknologi (7) memiliki keterampilan memimpin (8) memiliki keterampilan mengelola kegiatan terorganisir.
Di samping itu, Anda pun dapat merumuskan keterampilan yang lebih spesifik yang hendak dilatihkan kepada siswa seperti (1) mengidentifikasi informasi yang sudah siswa kuasai (2) mengembangkan keterampilan mendapatkan informasi baru (3) merumuskan informasi (4) menggunakan teks, angka, gambar, video, peta, diagram, tabel untuk menyajikan informasi dalam merefleksikan pikiran.
Pemikiran praktis seperti itu dapat mengkristalkan pemikiran besar Anda mengenai kompetensi yang perlu siswa kuasai.
Berikut silakan Anda rumuskan kualitas siswa seperti Apa sesungguhnya yang Anda harapkan?
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
Bagaimana kondisi siswa saat ini. Sebelum Anda melakukan studi dalam bentuk lesson study? Kesenjangan apa yang dapat Anda lihat?
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
Berdasarkan uraian yang telah Anda rumuskan itu, tema apa yang Anda pilih untuk pelaksanaan lesson studi dlaam jangka pajang? Bolehlah Anda memilih contoh seperti:
Keterampilan dasar akademik akan meningkatkan efektivitas siswa dalam mengarahkan dirinya sebagai insan pembelajar.
Selanjutnya tema apa yang Anda sukai?
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
Selesai sudah menetapkan tema lesson studi. Semoga Anda sukses melanjutkan kegiatan pada langkah berikutnya.
0 komentar:
Posting Komentar