Rabu, 27 Juli 2011

Siklus Lesson Study


Lesson Study adalah kegiatan penelitian kelas dengan cara mencurahkan perhatian pada kegiatan  belajar siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru mengajar. Kegitan ini merupakan kegiatan belajar secara kolaboratif. Pada saat ini studi tentang bagaimana siswa belajar untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dilakukan secara luas di berbagai negara.
Perkembangan terakhir kegiatan lesson ini bukan hanya meneliti   “Bagaimana siswa belajar dengan cara belajar dalam kelas”juga dikembangkan  “Kerja sama guru dalam jejaring sekolah”
Makna lesson studi berkembang  semakin luas. Menurut Heinemann lesson studi merupakan pendekatan studi  yang terstruktur dalam rangak pengembangan, dan pembaharuan pembelajaran. Kegiatan lesson merupakan riset berkelanjutan tentang bagaimana siswa belajar, mengarahkan guru mencapai tujuan pembelajaran dengan melalui proses pembaharuan.
Sebagai kegiatan penelitian yang bersiklus dan sebagai bagian dari pembaharuan mutu pembelajaran berkelanjutan, siklus kegiatan digambarkan dalam diagram di bawah ini.
Pada gambar jelas bahwa proses kegiatan dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan riset, dan kegiatan refleksi pasca observsi pembelajaran. Aktivitas kegaitan dapat dilakukan berulang-ulang untuk meneliti tema yang sama atau mengembangkan penelitian dengan tema yang berbeda.
Referensi:
  • http://www.lessonresearch.net/handouts1.html
  • http://12.187.80.64/shared/onlineresources/E02799/WEB_MathLeadGde-to-LS_.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

SMP NEGERI 3 BOLO

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites